General

Apa Penyebab Radang Paru – Paru ?

Apa Penyebab Radang Paru – Paru ?
Apa Penyebab Radang Paru – Paru ?

Pexels.com

Radang paru – paru (pneumonia) adalah infeksi yang mengobarkan kantung udara di satu atau kedua paru-paru. Kantung udara dapat terisi dengan cairan atau nanah  dan menyebabkan batuk berdahak atau nanah, demam, kedinginan, dan sulit bernapas. Berbagai organisme, termasuk bakteri, virus, dan jamur, dapat menjadi penyebab radang – paru – paru.

Pneumonia dapat berkisar mulai dari yang ringan sampai yang mengancam jiwa. Ini paling serius untuk bayi dan anak kecil, orang yang berusia lebih dari 65 tahun, dan orang dengan masalah kesehatan atau sistem kekebalan yang lemah. Radang paru – paru dapat disebabkan oleh berbagai macam bakteri, virus, dan jamur di udara yang kita hirup. Mengidentifikasi penyebab radang paru – paru Anda bisa menjadi langkah penting dalam mendapatkan perawatan yang tepat.

1. Bakteri

Jenis pneumonia bakteri yang paling umum disebut pneumonia pneumokokus. Pneumonia pneumokokus disebabkan oleh kuman Streptococcus pneumoniae yang biasanya hidup di saluran pernapasan bagian atas. Ini menginfeksi lebih dari 900.000 orang Amerika setiap tahun.

Pneumonia bakteri dapat terjadi dengan sendirinya atau berkembang setelah Anda memiliki virus flu atau flu. Pneumonia bakteri sering mempengaruhi hanya satu bagian, atau lobus, dari paru-paru. Ketika ini terjadi, kondisinya disebut lobar pneumonia. Mereka yang berisiko terbesar untuk pneumonia bakteri termasuk orang-orang yang pulih dari operasi, orang-orang dengan penyakit pernapasan atau infeksi virus dan orang-orang yang telah melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Beberapa jenis bakteri menyebabkan apa yang dikenal sebagai pneumonia “atipikal”, termasuk :

– Mycoplasma pneumoniae, bakteri kecil yang menyebar luas yang biasanya menginfeksi orang berusia di bawah 40 tahun, terutama mereka yang hidup dan bekerja dalam kondisi padat. Penyakit ini seringkali cukup ringan untuk tidak terdeteksi dan kadang-kadang disebut sebagai pneumonia berjalan.

– Chlamydophila pneumoniae, yang biasanya menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas sepanjang tahun, tetapi juga dapat menyebabkan pneumonia ringan.

– Legionella pneumophila, yang menyebabkan pneumonia berbahaya yang disebut penyakit Legionnaire. Tidak seperti pneumonia bakteri lainnya, Legionella tidak diturunkan dari orang ke orang. Wabah penyakit ini telah dikaitkan dengan paparan air yang terkontaminasi dari menara pendingin, spa pusaran air, dan air mancur luar ruangan.

– Bakteri ini disebut sebagai “atipikal” karena pneumonia yang disebabkan oleh organisme ini mungkin memiliki gejala yang sedikit berbeda, tampak berbeda pada rontgen dada, atau menanggapi antibiotik yang berbeda dari bakteri khas yang menyebabkan pneumonia. Meskipun infeksi ini disebut “tidak khas,” mereka tidak jarang.

2. Virus

Virus yang menginfeksi saluran pernapasan bagian atas juga dapat menjadi penyebab radang paru – paru. Virus influenza adalah penyebab paling umum dari pneumonia virus pada orang dewasa. Respiratory syncytial virus (RSV) adalah penyebab paling umum dari pneumonia virus pada anak kecil. Kebanyakan pneumonia virus tidak serius dan berlangsung lebih singkat daripada pneumonia bakteri.

Pneumonia virus yang disebabkan oleh virus influenza mungkin parah dan terkadang fatal. Virus menyerang paru-paru dan berkembang biak; Namun, hampir tidak ada tanda fisik jaringan paru yang terisi cairan. Pneumonia ini paling serius pada orang yang memiliki penyakit jantung atau paru dan wanita hamil yang sudah ada sebelumnya. Baca tentang hubungan antara flu dan pneumonia. Pneumonia virus dapat dipersulit oleh invasi sekunder bakteri, dengan semua gejala khas pneumonia bakteri.

3. Jamur

Pneumonia jamur paling umum pada orang dengan masalah kesehatan kronis atau sistem kekebalan yang melemah, dan pada orang yang terpapar jamur besar dosis tertentu dari tanah atau kotoran burung yang terkontaminasi.

Pneumocystis pneumoniais adalah infeksi jamur serius yang disebabkan oleh Pneumocystis jirovecii. Ini terjadi pada orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah karena HIV / AIDS atau penggunaan obat-obatan jangka panjang yang menekan sistem kekebalan tubuh mereka, seperti yang digunakan untuk mengobati kanker atau mengelola transplantasi organ. Berikut ini adalah tiga jamur yang menjadi penyebab radang – paru :

– Coccidioidomycosis. Jamur ini ditemukan di California Selatan dan gurun Barat Daya. Ini adalah penyebab demam lembah.

– Histoplasmosis. Jamur ini ditemukan di Lembah Sungai Ohio dan Mississippi.

– Cryptococcus. Jamur ini ditemukan di seluruh Amerika Serikat di kotoran burung dan tanah yang terkontaminasi dengan kotoran burung.